Ingin Mendidik Anak Secara Islami

Standard

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.

Saya seorang ibu yang baru memiliki 1 orang anak perempuan usia 3 tahun. Alhamdulillah  anak saya sehat, pertumbuhan dan perkembanganya sangat baik. Saya merasa bersyukur dikarunia anak yang lucu setelah menunggunya hampir 5 tahun. Saya ingin mendidiknya dengan islami agar kelak menjadi anak yang shalih. Bagaimana saya harus memulainya? Apakah mungkin aturan-aturan  Islam bisa diajarkan kepada anak saya yang masih berusia 3 tahun ini? Saya sangat khawatir dia akan mudah terpengaruh lingkungan ditengah-tengah kehidupan yang tidak Islami seperti sekarang ini. Terima kasih untuk bantuannya.

Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.

Rina

Jakarta

Jawaban :

Wa’alaikumsalam Wr.Wb

Ibu Rina yang baik,

Alhamdulillah, kehadiran si kecil yang kini sudah berusia 3 tahun tentu merupakan karunia yang luar biasa buat  ibu dan suami. Lima tahun bukanlah waktu yang pendek untuk menunggu kehadiran anak. Keluarga tanpa anak sudah pasti akan terasa sangat sepi. Sudah menjadi kewajiban ibu sebagai orang tua untuk mendidiknya agar menjadi anak shalih yang akan menjadi investasi sangat berharga. Bukankah hanya doa anak shalih yang akan terus mengalir walau ibu dan suami sudah meninggal?

Ibu Rina yang baik,.

Rasulullah SAW bersabda: “Belajar di waktu kecil ibarat  mengukir di atas batu”, akan terus berbekas sampai dewasa nanti. Bacaan-bacaan shalat yang ibu masih hafal sampai sekarang bukankah juga yang diajarkan dan dihafalkan waktu kecil? Usia dini (di bawah 6 tahun) merupakan masa-masa emas (golden age). Pada masa ini terjadi perkembangan syaraf otak yang luar biasa. Anak akan mudah sekali menerima informasi dan menyerap fakta yang diinderanya. Dengan begitu jangan pernah melewatkan masa-masa emas ini karena tidak akan pernah kembali. Mengajarkan Islam pada anak usia dini sangat mungkin dilakukan, tentu dengan cara dan bahasa yang yang tepat sesuai dengan tahap perkembangannya.

Ibu Rina yang baik,

Anak usia 3 tahun sudah mulai dapat melakukan identifikasi secara sederhana. Mengenal dirinya, namanya, juga anggota tubuhnya. Anak juga banyak bertanya mengapa dan bagaimana. Anak mulai dapat menirukan  kembali urutan sampai 4 kata, dan sangat senang mendengarkan cerita. Biasakanlah mengucapkan kalimat-kalimat thoyibbah seperti Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar saat ibu dan anak melihat keindahan ciptaanNya dan mensyukuri semua nikmatNya. Ibu juga bisa membacakan buku-buku cerita tentang Rasulullah, agar anak mengenal nabinya sekaligus menjadikannya sebagai idola. Membacakan buku cerita disamping akan mendekatkan ibu dengan si kecil juga akan sangat membantu mengasah perkembangan bahasanya. Gunakan kesukaan anak melakukan eksplorasi di usia ini dengan memberikan stimulasi sebanyak-banyaknya  dengan tetap memperhatikan kemampuan anak.

Ibu Rina yang baik,

Untuk menanamkan rasa kepeduliannya terhadap orang lain, ajaklah anak untuk beramal, misalnya dengan memberikan sedekah kepada peminta-minta atau biarkan anak yang memasukkan uang di kotak infak ketika mengikuti kajian-kajian keIslaman. Ajaklah anak berdiri disamping ibu setiap akan melakukan shalat lima waktu. Pakaikan mukena kecil yang nyaman, biar anak juga tahu bahwa aurat harus ditutup ketika melakukan shalat. Biarkan dia mengerakkan badan sebisanya, dan sangat mungkin belum sampai salam si kecil sudah berlari. Dengarkan ayat-ayat Al-Qur’an setiap saat. Ajaklah dia duduk disamping ibu saat ibu membaca Al-Qur’an. Mulailah mendengarkan dan mengajarkan terus menerus ayat-ayat pendek. Jangan kaget, kalau tiba-tiba si kecil lancar membaca Surat Al-Fatihah walau mungkin mahrojnya belum sempurna. Biasakan mengucapkan doa sebelum dan sesudah makan, sebelum dan setelah bangun tidur, dan juga doa-doa lain yang biasa ibu ucapkan. Sering-seringlah diajak ke tempat-tempat pengajian agar anak terbiasa dalam majlis-majlis ilmu. Jangan lupa juga, karena anak ibu perempuan biasakan menutup aurat dengan busana muslimah  yang mungil. Pilihlah bahan yang enak dipakai agar anak merasa nyaman. Demikian ibu Rina beberapa langkah yang bisa dicoba. Mudah-mudahan Allah memberi kemudahan dan kesabaran dalam membimbing si kecil. []

Sumber : http://mediaumat.com/konsultasi/632.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s