Tafsir Imam Ibnu Katsir surah Al Baqarah ayat 146

Standard

Oleh : Riyan Zahaf

 

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَعْرِفُونَهُ كَمَا
يَعْرِفُونَ أَبْنَاءَهُمْ وَإِنَّ فَرِيقًا مِنْهُمْ لَيَكْتُمُونَ الْحَقَّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang telah Kami beri Al Kitab (Taurat dan Injil) mengenal Muhammad seperti mereka mengenal anak-anaknya sendiri. Dan sesungguhnya sebahagian di antara mereka menyembunyikan kebenaran, padahal mereka mengetahui.[QS.Al Baqarah:146]

الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَلا تَكُونَنَّ مِنَالْمُمْتَرِينَ
Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.[QS.Al Baqarah:147]

Allah Subhana wa Ta’ala memberitahukan bahwa orang-orang yang berilmu dari kalangan Ahlul Kitab mengetahui kebenaran apa yang dibawa oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa salam, sebagaimana salah seorang diantara mereka mengetahui dan mengenal anaknya sendiri. Masyarakat Arab seringkali mengumpamakan kebenaran sesuatu dengan ungkapan itu.

Berkenaan dengan hal ini, penulis (‘Imam Ibnu Katsir) mengatakan bahwa yang dimaksud datgan firman-Nya: (“mereka mengenal anak-anak mereka sendiri“) Yaitu dari anak-anak orang lain secara keseluruhan. Tidak ada seorang pun yang ragu untuk mengenal anaknya sendiri ketika ia melihatnya berada di tengah-tengah anak-anak orang lain.

Setelah Allah subhana wa ta’ala memberitahukan dengan kepastian dan keyakinan tentang pengetahuan mereka itu, mereka (“Menyembunyikan kebenaran“) artinya, mereka menyembunyikan sifat Nabi shallallaahu ‘alaihi wa salam yang terdapat dalam Kitab-kitab mereka. (“Padalah mereka mengetahui“). Selanjutnya Allah Ta’ala meneguhkan dan memberitahukan kepada Nabi-Nya dan juga orang-orang yang beriman bahwa apa yang dibawa Rasul-Nya itu adalah suatu kebenaran yang tidak perlu lagi diragukan, dimana Dia berfirman (“Kebenaran itu dari Rabb-mu, maka janganlah sekali-kali engkau termasuk orang-orang yang ragu.“)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s