Resep Soto Banjar

Standard

 

Sebagai orang Balikpapan, saya suka sekali dengan soto Banjar. Sangat mudah kita temukan menu ini di depot-depot makanan di Balikpapan. Ibu saya sering memasak soto Banjar saat Lebaran Idul Fitri. Suami saya yang asli orang Banjar (kalimantan Selatan) juga sangat menggemarinya.

12 April 2011, pertama kali saya eksperimen membuat soto banjar ini sambil googling di internet, dimana sebelumnya sempat nanya-nanya resep sama ibu di Balikpapan. Alhamdulillah rasanya mirip sama soto banjar buatan ibu tercinta di rumah. Inilah soto banjar pertama yang saya nikmati di Korea, ternyata bisa juga hehe :)  Berikut saya share resep soto banjar yang saya contek ya..

 

RESEP SOTO BANJAR

(http://evennachang.com/2007/03/soto-banjar.html)

Bahan :

* 1 ekor ayam kampung, potong menjadi 4 bagian
* Daun seledri secukupnya
* Daun bawang prei secukupnya
* 2,5 liter air
* 1 sdm garam
* 2 kaldu blok
* ½ sdm gula
* 50 ml susu evaporated
* Margarin secukupnya

Bahan rempah:

* 1 sdm Adas Manis
* 15 biji Kapulaga
* 1 sdm Kas-kas
* 10 biji cengkeh
* 1 batang kayu manis
* 1 bunga pekak
* ½ biji pala utuh
* 15 biji merica utuh

Bumbu halus:

* 4 siung bawang putih
* 8 buah bawang merah
* 1 cm jahe

Pelengkap:

* ketupat
* Soun
* Perkedel
* Bawang goreng
* Sambel

Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus sampai layu, sisihkan.
2. Tumis seledri dan daun bawang prei, sisihkan.
3. Bungkus bahan rempah pada kain kasa. Kemudian rebus air masukan ayam dan rempah. Masak sampai mendidih.Masukan tumisan bumbu halus, tumisan bawang prei dan seledri, garam. gula, kaldu blok.
4. Setelah itu, jika bau rempah sudah tercium keluar, keluarkan rempah dari kuah. Kemudian tambahkan susu, aduk sebentar sampai susu tercampur rata, matikan kompor.
5. Keluarkan ayam dari panci, suwir-suwir.

Bahan Perkedel:

* 400 gram kentang
* 2 sdm gula
* ½ sdm garam
* 1 sdt merica
* 1 kuning telur

Cara membuat perkedel:

1. Goreng kentang sampai matang, haluskan, campur dengan gula, garam, merica, kuning telur. Setelah tercampur rata, bulatkan adonan,dan pipihkan. Goreng dalam minyak panas.

Cara penyajian :

1. Siapkan mangkuk, tata potongan ketupat didalamnya, tambahkan soun, ayam suwir, telur rebus, perkedel, siram dengan kuahnya. Taburi atasnya dengan bawang goreng. Sajikan hangat dengan sambel dan jeruk nipis.

About these ads

12 responses »

      • Oh iya lupa, iya nabila juga suka soto Banjar..Wah gara-gara posting resep ini di blog, jadi pingin bikin soto banjar lagi..Qt bikin soto banjar yuk ukh shalehah… :)

      • ahaha.. bener banget… favoritnya sarapan nasi kuning atau nasi uduk.. tapi nasi kuningnya lebih mantap dari yang di jawa barat (tempat saya sekolah sekarang) kata saya sih :D

      • Oh bener banget, selama saya merantau di Surabaya, Malang dan Bandung belum pernah nemuin nasi kuning seenak di Balikpapan & Samarinda.. Saya kl di Balikpapan gak bosen tiap hari sarapan nasi kuning..Skr harga nasi kuning harganya juga selangit, sebanding dengan rasanya..Tapi masih banyak juga yg murah & enak..hehe pagi-pagi ngomongin makanan..Udah sarapan kan? :)

      • Terimakasih ummu nabila :) yara kuliah di unpad, fakultas peternakan.. Yara juga hobi masak,gara2 suka bantuin ibunya yara masak di dapur ^^ Iya nih, persiapan saya nikah juga yah kelak. Saya 19 tahun,semester 4. Pengen banget ih ketemu sama nabila langsung dan ngunjungin ummu dan nabila ke korea :) iya, saya suka pink, saya juga tahu kalau nabila suka pink (suka merhatiin postingan ummu nabila) hihihi…

        iyaaaa yara juga ngerasa gitu.. Nasi kuning paling mantep itu emang bikinan orang kaltim… Belum nih umm, lagi blogging sambil baca2 buat uas minggu depan (atau malah blogging doang?wkwkwk). Btw beda berapa jam indonesia WIB sama korea sana?Korea selatan sama utara beda juga ga waktunya? Penasaraaaaaaaan :O

      • nama saya mutiara maghfira chairunnisa umm *(ngarep kenalan sama ummu nabila), panggilannya yara, hehe.. Saya juga jadi pengen nih umm, mau nyoba masak di kosan ah kapan2 insya Allah.. Saya suka blog ummu nabila :) sampai saya follow blog nya :) sekolahnya nabila lancar umm? :)

      • Salam ta’aruf juga ya ukh yara..Wah masih kuliah ya? Jurusan apa & dimana? Dulu saya sering masak bareng temen-temen di kontrakan akhwat..hitung2 persiapan pra-nikah, supaya kl dah nikah gak kagok..hihihi. Alhamdulillah, akhirnya memamng jadi suka eksperimen di dapur sampe sekarang :D Sy barusan follow blog yara juga..Blognya pinky-pinky, kesukaan saya n nabila :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s