Resep Risoles Ayam~Keju

Standard

Risoles Ayam Keju buatan saya :)

Oleh : Shinta Rini

Resep ini diberikan oleh sahabat saya yang jago masak (Indiyah Citra Wardoyo)..Masakannya selalu mantap & maknyuzz…Risoles ini favorit keluarga saya dan teman-teman saya di Busan. Bahkan sewaktu saya belum hamil, saya pernah beberapa kali berjualan risoles ini dan menerima pesanan teman-teman saya. Orang Korea pun ternyata doyan lho ma risoles..Ya iyalah, abis enak banget sih..Saya berbaik hati nich bagi resepnya ke temen-temen, supaya makin dicintai keluarga di rumah ya ^__^

Risoles Ayam~Keju

1. Bahan Isi :

Kentang & wortel potong dadu 1×1 cm (tergantung berapa banyak  bikinnya)

Ayam suwir & Kaldunya

Keju 2 lembar / keju parut

Bawang bombay 1 biji ukuran besar

Paprika merah 1 biji ukuran besar

Susu Kental Manis (sesuai selera)

Tepung terigu 3 sendok makan

Garam & gula (ditakar sendiri sesuai selera)

Merica 1 sdk teh

Pala bubuk 1 sdk teh

Butter Susu (Butter I Can’t Believe It’s Not Butter! kalau di Korea)

 

Cara membuatnya :

1. Tumis Bawang bombay & paprika dgn butter susu sampe wangi & layu

2. Masukkan wortel, masak sampai 1/2 matang lalu masukkan kentang

3. Masukkan ayam suwir & kaldunya setelah wortel & kentang udah empuk

4. Masukkan susu kental manis, merica, garam, gula, dan pala bubuk

5. Masukkan keju lembaran & tepung terigu.Aduk terus sampe mengental & empuk semuanya..

6. Dinginkan/ tiriskan bahan isi

 ————————————————————————————————————————-

2. Bahan Kulit Risoles :

Tepung terigu 1/2 kg

 Butter susu / Butter I Can’t Believe It’s Not Butter (sudah di cairkan terlebih dahulu, kira-kira 2 sendok makan)

Telur satu butir (kocok lepas)

Susu putih segar 1 liter (bisa pake susu ultra kalau di Indonesia)

garam gula sesuai selera

minyak goreng 2 sdk makan

air mentah kira-kira 3 gelas

Cara membuat  kulit risoles :

 1. Campur semua adonan diatas dalam sebuah wadah atau baskom

2. Buat adonan tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental (sedang-sedang saja)

3. Coba 1x goreng kulit risoles diatas pan kecil (ukuran 20 cm) yang  sudah di baluri butter/mentega/ minyak goreng,

4. Jika kulit risoles masih terlalu tebal,dapat ditambahkan air kira-kira 5 sendok makan

5. Menggoreng kulit risoles dengan api kecil supaya tidak mudah gosong dan mudah kering/menggulung 

6. Jika kulit risoles mudah pecah/robek, dapat ditambahkan minyak goreng 2 sendok makan

—————————————————————————————————————————

3. Bahan penggulung risoles :

telur kocok 3 butir

2 sendok makan air mentah

tepung panir

 

Cara menggulung  risoles:

 1. Pertama siapkan kulit

2. Masukkan isian yang sudah dingin (tidak  boleh panas ya) di bagian ujung segitiga bawah ya. 

3. Lalu di lipat kiri & kanan-nya, trus di gulung. Di bagian ujung atas, diberi sedikit telur kocok buat merekatkan kulit risoles

4. Celupkan risoles kedalam kocokan telur sampai rata, lalu di gulingkan di atas tepung panir

5. Jika semua sudah jadi, masukkan ke dalam kulkas kira-kira 10 menit (biar tidak berantakan tepung panirnya saat di goreng).

6. Goreng saat hendak disantap saja

7. Sisanya dapat disimpan di kulkas, awet sampe 3 hari insyallah/ semiggu jika di simpan di frezeer

8. Selamat mencoba..

Semoga sukses ..  :)

 ——————————————————————————————————————

Tips :  

1. Untuk  isian risoles bisa diganti sesuai selera, misalnya : daging sapi-keju, tuna-keju, dan daging asap-keju

2. Jika ingin mendapatkan risoles yang terasa kejunya, bisa gunakan keju melted Kraft. Potong kecil-kecil dan masukkan beberapa potongan ke dalam risoles sebelum digulung satu persatu. Dijamin kejunya akan meleleh di mulut, yummy..

3. Jika tidak ada keju melted, bisa diganti keju lembaran.

About these ads

4 responses »

  1. bun kayak enak euy hehe…tapi belum coba nih, karena pengalaman kalo bikin risoles selalu gagal hehe..gagal di rasa atau di bentuk, atau keduanya (bilang aja ga bisa masak yah) hahaha

    • Pengalaman gagal masak kl lagi eksperimen coba resep itu dah biasa saya, bunda affan.. Justru dari kegagalan itu saya banyak belajar dan modifikasi sendiri resep-resep saya. Dulu pernah ngalamin bikin kulit risoles tapi pecah/mudah robek, ternyata dengan menambahkan butter ato minyak goreng bisa ‘aman’. Setiap coba2 resep kadang saya gk langsung sukses dulu koq..hehehe..Artinya memang harus ‘terbiasa’ supaya qt terus berusaha ‘ekseperimen lagi’ dan gak putus asa..Lagian mesti gagal n gak enak, keluarga selalu bilang “enak koq”..Bener gak bunda affan? Salam buat dede affan ya..

  2. iya, ayahnya affan pasti bilang enak bun hehe, tapi malu sendiri sih karena menurut saya ga enak hehe..kalo affan sih apa saja yang saya kasih ya dimakan aja kan belum bisa protes, paling udah mulai geleng2 :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s